Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Sampingan Mahasiswa

Tau nggak, sebentar lagi mahasiswa udah mulai kuliah lagi nih! Gimana nih, udah punya rencana mau ngapain buat tambahan uang saku? Kalo belum, gapapa deh, aku punya beberapa ide bisnis sampingan cocok buat kamu yang baru masuk kuliah atau sudah semester akhir. Yuukk, kita intip bersama-sama!

Jualan Online

Mahasiswa jualan online

Apa itu jualan online? Ya, pasti kamu punya temen yang jualan online di Instagram atau Shopee. Kamu bisa jualan apa aja, bisa makanan, minuman, baju, aksesoris, atau barang bekas yang masih layak pakai. Selain promosi di media sosial, kamu juga bisa menjual barang di marketplace.

Mengapa harus jualan online? Kalo jualan online, kamu ga perlu punya toko fisik dan ga perlu keluar banyak modal. Kamu cukup jualan di rumah aja sambil ngampus. Sederhana dan efektif.

Jenis-jenis jualan online? Kamu bisa jualan di IG, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau marketplace lainnya.

Cara jualan online? Kamu bisa beli barang grosir untuk mendapatkan harga lebih murah, lalu jual barang tersebut secara online.

Keuntungan jualan online? Selain tambahan uang saku, kamu juga bisa belajar tentang marketing dan entrepreneurship. Plus, kamu bisa menambah skills kamu dalam hal social media marketing.

Langkah-langkah jualan online? Kamu bisa mencari supplier barang, buat akun di marketplace atau IG, upload barang, dan mulai mencari pelanggan. Ingat, kuncinya adalah quality dan harga yang bersaing.

Tips jualan online? Perbaiki foto produk, terapkan kebijakan refund dan cicilan, dan cari tau strategi promosi online yang efektif.

Jasa Fotografi

Mahasiswa jual jasa fotografi

Apa itu jasa fotografi? Kamu punya kamera bagus dan punya skill foto yang oke? Kamu bisa membuka jasa fotografi buat temen-temen di kampus atau perusahaan-perusahaan kecil di sekitar kota. Kamu bisa jadi fotografer event atau jasa foto produk.

Mengapa harus jasa fotografi? Kamu bisa mendapatkan income tambahan dan belajar tentang fotografi secara professional. Kamu juga bisa menambah portofolio untuk mengembangkan bisnis di masa depan.

Jenis-jenis jasa fotografi? Kamu bisa jadi fotografer event, jasa foto produk, atau jasa foto keluarga.

Cara jasa fotografi? Kamu bisa promosikan diri kamu di media sosial atau website, dan mulai mencari klien. Jangan lupa, pastikan kamu sudah memperbaiki skill fotografi kamu.

Keuntungan jasa fotografi? Selain tambahan uang saku, kamu bisa belajar fotografi secara profesional, dan menambah portofolio kamu.

Langkah-langkah jasa fotografi? Buat portofolio kamu dan desain brand yang kamu gunakan untuk jasa fotografi kamu. Setelah itu, kamu bisa mencari klien untuk fotografi event atau jasa foto produk.

Tips jasa fotografi? Pelajari tren fotografi lebih lanjut, terapkan kreativitas pada setiap pekerjaan, dan jangan lupa meningkatkan skill fotografi kamu.

Jasa Pengetikan dan Edit Naskah

Mahasiswa jual jasa pengetikan dan edit naskah

Apa itu jasa pengetikan dan edit naskah? Kamu punya skill tulis-menulis yang oke? Kamu bisa membuka jasa pengetikan dan edit naskah untuk teman-teman di kampus atau perusahaan kecil. Kamu bisa jadi jasa pengetikan skripsi atau jasa pengetikan naskah buku.

Mengapa harus jasa pengetikan dan edit naskah? Kamu bisa mendapatkan income tambahan dan belajar tentang penulisan dan edit naskah secara professional. Kamu juga bisa menambah portofolio untuk mengembangkan bisnis di masa depan.

Jenis-jenis jasa pengetikan dan edit naskah? Kamu bisa jadi jasa pengetikan skripsi, jasa pengetikan naskah buku, atau jasa edit naskah.

Cara jasa pengetikan dan edit naskah? Kamu bisa promosikan diri kamu di media sosial atau website, dan mulai mencari klien. Jangan lupa, pastikan kamu sudah memperbaiki skill tulis-menulis kamu.

Keuntungan jasa pengetikan dan edit naskah? Selain tambahan uang saku, kamu bisa belajar penulisan dan edit naskah secara professional, dan menambah portofolio kamu.

Langkah-langkah jasa pengetikan dan edit naskah? Buat portofolio kamu dan desain brand yang kamu gunakan untuk jasa pengetikan dan edit naskah kamu. Setelah itu, kamu bisa mencari klien untuk jasa pengetikan skripsi atau jasa pengetikan naskah buku.

Tips jasa pengetikan dan edit naskah? Pelajari teknik penulisan dan edit naskah lebih lanjut, terapkan kreativitas pada setiap pekerjaan, dan jangan lupa meningkatkan skill tulis-menulis kamu.

Jualan Makanan atau Minuman

Mahasiswa jualan makanan atau minuman

Apa itu jualan makanan atau minuman? Kamu suka memasak atau membuat minuman? Kamu bisa membuka jasa jualan makanan atau minuman di kantin kampus atau jualan door to door. Kamu bisa jadi jasa jualan makanan olahan atau jualan minuman unik.

Mengapa harus jualan makanan atau minuman? Kamu bisa mendapatkan income tambahan dan belajar tentang food industry secara professional. Kamu juga bisa menambah portofolio untuk mengembangkan bisnis di masa depan.

Jenis-jenis jualan makanan atau minuman? Kamu bisa jualan makanan olahan, seperti nasi goreng atau mie goreng, atau jualan minuman unik, seperti boba tea atau es campur.

Cara jualan makanan atau minuman? Kamu bisa jualan di kantin kampus atau jualan door to door dengan promo di media sosial. Pastikan kamu sudah memiliki KTP dan izin usaha jika kamu jualan di kantin kampus.

Keuntungan jualan makanan atau minuman? Selain tambahan uang saku, kamu bisa belajar food industry secara professional dan kreatifitas sebagai seorang koki.

Langkah-langkah jualan makanan atau minuman? Buat resep makanan atau minuman yang kamu jual, dan pastikan kamu menggunakan bahan yang berkualitas. Kemudian, cari tempat jualan dan promosikan jasa kamu.

Tips jualan makanan atau minuman? Sediakan menu yang variatif, perbaiki kualitas makanan atau minuman kamu, dan berikan layanan pelanggan yang baik.

Jualan Aksesoris atau Baju

Mahasiswa jualan aksesoris atau baju

Apa itu jualan aksesoris atau baju? Kamu suka fashion? Kamu bisa membuka jasa jualan aksesoris atau baju yang kamu buat sendiri atau kamu beli grosir. Kamu bisa jadi jasa jualan aksesoris atau baju untuk acara-acara formal atau informal.

Mengapa harus jualan aksesoris atau baju? Kamu bisa mendapatkan income tambahan dan belajar tentang fashion industry secara professional. Kamu juga bisa menambah portofolio untuk mengembangkan bisnis di masa depan.

Jenis-jenis jualan aksesoris atau baju? Kamu bisa jualan baju atau aksesoris yang dibuat sendiri, atau kamu bisa beli grosir dan dijual kembali.

Cara jualan aksesoris atau baju? Kamu bisa promosikan di media sosial atau marketplace, atau jualan di kampus. Pastikan kamu memiliki stock yang cukup sebelum memasarkan jasa kamu.

Keuntungan jualan aksesoris atau baju? Selain tambahan uang saku, kamu bisa belajar fashion industry secara professional dan menambah portofolio kamu.

Langkah-langkah jualan aksesoris atau baju? Buat website atau IG shop yang kamu gunakan untuk promosi jasa kamu, cari supplier baju atau aksesoris, dan mulai menjual jasa kamu dengan pemasaran yang kreatif.

Tips jualan aksesoris atau baju? Pastikan baju atau aksesoris kamu memiliki kualitas yang baik, cari supplier yang layak dipercaya, dan jangan lupa terapkan branding yang unik pada jasa kamu.

Gimana nih, keren-keren banget bukan ide-ide bisnis sampingan buat mahasiswa? Coba deh kamu cari tahu lebih banyak lagi, terapkan kreativitas kamu, dan jangan lupa untuk belajar terus, ya! Siap jadi mahasiswa sukses dengan bisnis sampingan productif dan fun. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Ide Bisnis Sampingan Mahasiswa"